top of page
  • turdinefave

Kisi-Kisi PAS Kelas 5 SD 2022/2023 Semua Tema & Mapel - Websiteedukasi.com[^1^]



Kelima, agar tes objektif di samping mengungkap aspek ingatan atau hafalan juga dapat mengungkap aspek-aspek berpikir yang lebih dalam, maka dalam merancang butir-butir item tes objektif hendaknya tester menggunakan alat berupa Tabel Spesifikasi soal yang biasa dikenal dengan kisi-kisi soal. Diharapkan dengan menggunakan alat itu akan terjadi keseimbangan antara jumlah soal dengan aspek psikologis testee.




[Users choice] kisi kisi soal ulangan semester 1 kelas 5 sd



Dalam pembicaraan mengenai validitas tes disebutkan bahwa sebuah tes harus memiliki validitas isi dan tingkah laku. Dan memang validitas inilah yang terpenting dalam menyusun tes prestasi. Untuk menjaga agar tes yang disusun tidak menyimpang dari bahan (materi) serta aspek kejiwaan (tingkah laku) yang akan dicakup dalam tes, dibuatlah sebuah tabel spesifikasi.[27] Tabel spesifikasi yang juga dikenal dengan istilah kisi-kisi soal atau blue print adalah sebuah tabel analisis yang di dalamnya dimuat rincian materi tes dan tingkah laku beserta proporsi yang dikehendaki oleh tester, di mana pada tiap petak (sel) dari tabel tersebut diisi dengan angka-angka yang menunjukkan banyaknya butir soal yang akan dikeluarkan dalam tes hasil belajar bentuk objektif.[28]


Tes merupakan seperangkat rangsangan yang diberikan kepada seseorang dengan maksud untuk mendapatkan jawaban-jawaban yang menjadi dasar bagi penetapan skor angka. Langkah-langkah menyusun tes, yaitu: Menentukan tujuan tes, analisis kurikulum, analisis buku pelajaran, menentukan kisi-kisi. Ditinjau dari segi bentuk soalnya, tes dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu: tes hasil belajar bentuk uraian dan tes hasil belajar bentuk objektif. Tes hasil belajar bentuk objektif banyak macamnya, diantaranya: Tes benar-salah, pilihan ganda, menjodohkan, dan isian.


Kisi-kisi soal adalah sebuah tabel analisis yang di dalamnya dimuat rincian materi tes dan tingkah laku beserta proporsi yang dikehendaki oleh tester, di mana pada tiap petak (sel) dari tabel tersebut diisi dengan angka-angka yang menunjukkan banyaknya butir soal yang dikeluarkan dalam tes hasil belajar bentuk objektif. Langkah-langkah untuk menyusun kisi-kisi soal, yaitu: membuat tabel spesifikasi, menetapkan bentuk dan model tes, menetapkan banyaknya butir-butir soal, dan langkah terakhir penulisan soal.


Berikut adalah contoh soal teks eksplanasi yang disusun berdasarkan HOTS atau higher order thinking skill yang merupakan salah satu syarat penting dalam menyusun soal pada kurikulum 2013. Soal terdiri atas 30 butir pilihan ganda, dan 5 esai. Kisi-kisi, kunci jawaban, dan rubrik panduan penilaian tersedia di bagian bawah artikel (setelah soal) buka daftar isi untuk memudahkan aksesnya.


2ff7e9595c


3 views0 comments

Recent Posts

See All

Man Amp; 39;s Size Movie Download Hd

The photo features Lilly and Rudd in costume as Wasp and Ant-Man, respectively, and puts the spotlight on the high-tech suits that will allow them to change size for more adventures in the microscopic

bottom of page